Tanggal 2 Mei ada apa yaa ?

Bu Guru: Selamat pagi anak-anak?
Siswa (serempak): Selamat pagi bu guru.
Bu Guru: Tanggal 2 Mei hari apa, anak-anak?
Siswa: Hari sabtuuuu…
Guru: Bagus. Tapi, maksud ibu, tanggal 2 Mei merupakan suatu hari yang istimewa di Indonesia. Ada apa tanggal 2 Mei?
Siswa (bingung)
Demikian mungkin cuplikan potret pendidikan di negara kita
Dan kalau ditanya bagaimana pendidikan dinegara kita ini ?
Tanggal 2 Mei semestinya menjadi peringatan bagi kita semua akan pentingnya pendidikan. “Ya, pak. Saya tahu pendidikan itu penting”, demikian kata anda dan jutaan orang Indonesia lainnya. Namun, yang bergerak dan sungguh-sungguh mencintai pendidikan di Indonesia tidak begitu banyak. Masih adakah yaaaaaaaaaaaaaaaaa ?
Ada pengalaman yang ditulis oleh Richard Feynman (mendapat hadiah nobel di bidang Fisika) ketika dia mengajar di Brazil, yang situasi pendidikannya ternyata sama seperti di Indonesia. Mahasiswa malas belajar (hanya pandai menghafal teks saja). Mahasiswa akan bersorak senang ketika kuliah dibatalkan. Dosen malas mengajar dan lebih senang ngobyek. Ketua jurusan malas mengurus dosen-dosen yang tidak mau diatur. Dekan malas mengurus ketua jurusan. Sampai ke Rektor yang malas mengurus semuanya. Semuanya malas! Tapi, setiap hari mahasiswa pergi ke kampus, dosen juga ngajar, meski semuanya ogah-ogahan. Mengapa kita mengerjakan sesuatu dimana semua tidak senang? Apa tidak lebih baik semuanya berhenti saja dan tinggal di rumah? Setelah selang waktu tertentu langsung saja sang mahasiswa diberi sertifikat. Semua senang. Everybody happy.
Kihajar dewantoro seorang pendiri taman siswa yang dilahirkan pada tanggal 2 mei 1889 yang terlahir dengan nama Raden mas Soewardi soeryoningrat berasal dari lingkungan kraton Yogyakarta. dengan ajarannya yang terkenal adalah”Tut wuri Handayani (Dibelakang memberi dorongan)
Buku terkenalnya adalah “Seandainya aku seorang belanda (Als Ik Eens Nederlander was)” yang dengan buku itu seorang Raden Mas Soewardi soeryoningrat di buang ke negeri belanda.
kesempatan itu dipergunakan untuk mendalami masalah pendidikan dan pengajaran, kemudian kembali ketanah air tahun 1918. Ditanah air ia mencurahkan perhatian dibidang pendidikan sebagai alat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.
waktu jaman jepang membentuk putera (Pusat Tenaga rakyat) dan setelah jaman kemerdekaan Ki hajar Dewantoro sebagai menteri pendidikan dan sebagai tokoh pendidikan dan menjadi pahlawan pergerakan Nasional sesuai kepres no 305 tahun 1959 tanggal 28 nopember 1959 dengan penghargaan Doctor Honoris Causa dari Universitas gajah mada)
Sehingga tanggal kelahirannya di pakai sebagai hari pendidikan nasioanal sampai sekarang

2 Balasan ke Tanggal 2 Mei ada apa yaa ?

  1. rimba raya mengatakan:

    Yah itulaah susahnya, kadang diri sendiripun di lupakan :((

  2. penggemar silat mengatakan:

    @ ibu rimba raya
    orang yg lupa diri setara dengan lupa ingatan, hanya soal waktu lupanya saja.
    monya sih semangat KI HADJAR SEWANTARA bisa dipakai sebagai spirit harian para pendidik kita. tak cuma diramaikan tgl 2 mei dg segala rutinitas ceremonialnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: