Perjuangan sebuah group band

Ya sekali kali kita santai sejenak untuk bisa berbincang mengenai sebuah group band , dan saya yakin banyak alumni yang dulu senang untuk bermain musik, dan pada waktu ada acara halal bihalal selalu kita suguhkan sebagai hiburan. dan apakah mereka masih berkiprah dibidang musik ? saya tunggu dari komentnya di blog ini.

hal ini mungkin jadi inspirasi siswa siswi SMKN3 Buduran untuk juga ikut berkiprah dalam khasanah musik Indonesia, saya ingat dengan  lagu mars perkapalan yang di buat oleh tangan dingin seorang siswa Listrik Kapal angkatan 1 bernama Dharma yang dapat menimbulkan semangat untuk bisa berjuang dan belajar dengan giat mencapai cita.

Banyak sudah yang saya ketahui kemampuan bermusik Siswa smkn3 buduran dari dulu sampai sekarang dimana pada setiap pertunjukan entah kalo dulu MK(malam kesenian) atau open air atau JJS kita harus selalu menseleksi group band yang akan tampil atau istilah kerennya audisi.

Nah untuk memberikan semangat bermusik, kami  akan mengetengahkan perjalanan group  band yang sekarang lagi laris.

Sapa yang belum kenal group band yang mempunyai biografi sebagai berikut

ST12 adalah grup musik beraliran musik Melayu. ST12 didirikan di Bandung oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokal), dan Iman Rush (gitar).

Awalnya, keempat personel ini tak saling kenal, meski mereka telah lama berkecimpung di dunia musik. Mereka mulai akrab setelah sering bertemu di studio rental di Jalan Stasiun Timur 12, Bandung, milik Pepep. Mereka pun akhirnya resmi mendirikan ST12 pada tanggal 20 Januari 2005. Nama ST12 yang merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 adalah nama pemberian ayah Pepep, Helmi Aziz.

Meski keempat personel ini memiliki aliran musik favorit yang berbeda, Charly menggemari jazz, Pepep suka jazz dan rock, sementara Pepeng tumbuh bersama musik rock, namun mereka kompromi untuk membuat ST12 beraliran melayu.

ST12 terpaksa merilis album perdana mereka melalui jalur independent (indie) karena tak ada label yang mau menampung mereka. Sayang, pada bulan Oktober 2005, saat tur promosi album di Semarang, Iman Rush meninggal akibat pecah pembuluh darah di otak.

Trinity Optima Production mulai melirik ST12 setelah album perdana, JALAN TERBAIK (2005), meraih sukses. Album kedua, P.U.S.P.A (2008) yang didedikasikan untuk Iman, dirilis di bawah label Trinity.

Perjuangan ST12 agar musik melayu menjadi ‘raja’ di negeri sendiri tampaknya mulai membuahkan hasil. Dalam ajang AMI Awards 2009 yang bakal diadakan pada 24 April 2009, ST12 meraih 6 nominasi, kategori yaitu duo/kolaborasi/grup terbaik, penata musik terbaik, pendatang baru terbaik dari yang terbaik, album terbaik dari yang terbaik, karya produksi terbaik dari yang terbaik.

st12

25 Balasan ke Perjuangan sebuah group band

  1. abimz mengatakan:

    oww kirain ada personel ST2 yang alumni Skul kita…buat prasarana sekolah tolong eksul bandnya difasilitasi dung…biar lahir band2 baru dari skul kita.

  2. mbahsomo mengatakan:

    Sama tadi saya kira ada anak STM yang jadi anggota ST12😀 .
    Tapi emang banyak anak STM yang pinter – pinter bermusik dulu ada yang pernah jadi juara 1 gitaris terbaik se kabupaten Sidoarjo, Tapi ndak tahu kemana tuh anak sekarang. Salam juga buat guru besar Pemusik Sidoarjo Mas Hariawan😀 .

  3. Wong Fei Hung mengatakan:

    ya….lebih menarik klo tulisan diatas ini, bercerita hal alumni yg udah malang melintang disitu. biar para yunior punya spirit u membuktikan :AKU BISA.
    klo cerita ST 12,kan udah banyak bertebaran di media yg lain ,trus POWER IMPACT ke calon jawara musik disini kan kurang dekat ?
    Saya usul ke Smkn3Buduran :
    1.kegiatan musik/seni dihidupkan dg penataan kegiatan yg terjaga.
    2.ngeBAND,biar jalan. cuma perlu dihitung juga jmlah peminat dg ketersediaan sarananya+waktu.maka saya pikir,klo peminatnya mbludak, yaa main musik rame2 aja.
    boleh pilih :orkestra, ansamble ato marching band.di marching band ada 3 ketrampilan minimal yg bisa didapat:BERMUSIK,BERBARIS dan STAGE AREA.
    klo yg terakhir ini sy dengar dari kakak dulu pernah diawali cuma nggak berlanjut. sayang…..Klo sekarang dg standard ISO, apa smkn3buduran nggak ISO ta melanjutkan yg dulu pernah ada ? wong pelatihnya juga kakak dari alumni yg bernama kak Bayu(PDS).
    3.Sarana untuk latihan, biar bertahap punyanya.saya percaya BU CICIK masih mau kok mikirkan ini. yaa…Buuuuu….
    kata ustadz :dg ilmu hidup jadi mudah, dg seni hidup jadi indah,dengan agama hidup jadi terarah.

  4. someone mengatakan:

    @ Wong Fei Hung

    siiip……… setujuuuuuuuu

    • Nashirudin Baihaqi mengatakan:

      Dear Wong Fei hung dan All

      Dulu kita ada peralatan musik yang cukup untuk latihan.blm tahu kondisi saat ini.
      dulu saya di tugasi sama pak Cipto untuk membantu mengatur band2 yang banyak.sehingga kami atur jadwal sesuai pilihan band2 kelas masing2.jam nya pun di batasi 1 sift 2 jam.dari situ bisa di nilai band2 yang potensial,dan bagus.ada prsonel yang bagus , di rekrut untuk bikin band sekolah.atas nama sekolah.tapi ,sebelum band bentukan kami jalan,alat2 sudah di curi maling.hehehehe…dan setiap ada event sekolah,mereka yang tampil harus lolos seleksi.krn biar bermutu.selain itu , biar terlecut untuk maju klo mau lolos seleksi.heheheh.. itu dulu.gak tahu klo sekarang.dulu dari 24 band , setelah di seleksi hanya 9 yang lolos lho …tapi bisa di bilang bagus dan rata kemampuannya.itu salah satu sisi positif nya.smpe hari ini secara pribadi saya masih seneng main musik,dan masih mencoba aktif di musik.
      dulu , kami lumayan berprestasi.walaupun tdk sehebat st 12.hahahah… dengan peralatan yang seadanya kita masih bisa merebut beberapa gelar.
      di antaranya best band favourite,di festifal pelajar dan mahasiswa.
      Best guitar player di festival pelajar di malang.dn ada beberapa lagi , walaupun saat itu , harus gadaikan motor untuk bisa bayar tampil.
      jadi adik2… jagn patah semangat.peralatan seadanya tdk harus di jadikan alasan untuk berhenti berkarya.
      Hiduplah band sekolahku …aku smpe hari ini bangga dgn sekolah kita.
      Pak Cipto … ayo dukung adik2 dan anak2 kita.kami bersedia untuk membantu secara moral,material,dan spiritual …

      amiiiiinnnnnn

  5. abimz mengatakan:

    @wong feihung untuk profil alumni yang baru diulas diblog ini sedmentara ini masih mas ahmad tohari AKA panjul dikarenakan sekolah belom mendapatkan banyak informasi tentang alumni2 yg lainnya…mungkin itu alasannya…so buat teman2 alumni yang kenal / tahu profil alumni yang layak di ulas disini silahkan kirimkan certita dsbnya ke email pak tjip.

    oh ya pak tjip thanks blog saya dipasang di blogroll smk n 3 budurann..ayyyyo galakkan ngeblog .capai sejuta blog SMK N 3 buduran.

  6. cicik mengatakan:

    Wong, banyak yang dicita-citakan oleh sekolah kita, banyak pula yang dipikirkan oleh sekolah kita dan banyak pula sandungan yang harus dihadapi sekolah kita. Semua keinginan dan cita-cita tenyata meraihnya tidak seperti membalik sebuah tangan, tapi ada satu keyakinan kalo kita masih trus berfikir, bercita-cita dan berdoa pasti suatu ketika nanti Allah akan memberi. begitu juga dengan ruang untuk ngebend yang bener-bener ruang band( tau kan apa yang sekolah pikir). Makasih wong atas semangatnya

  7. wong fei hung mengatakan:

    bu cicik.

    lhooo.. yang sy lebih fokus fikirkan aktifitas bermusik yg lebih bisa dinikmati lebih banyak peserta.
    karena peminat musik kan banyak ditempat kita. sy khawatir karena alasan tak tersedianya”ruang latihan” u ngeband. kegiatan jadi mandul malah.ujungnya tentu lari pd ketiadaan anggaran.wahhhh….
    oh yaa mana dong komentar Bapak kita?

  8. billy Max_pku mengatakan:

    WaHHH aKu nGE fAns aMa ST 12,SeMua Lagu ST 12 kAmi Bawain Di KoTA kAmI dAN kOTA sAKITAR, sAmPAI kAMI dI kASiH iMaGe ST 12 pEKAnBAru,, wAh Kami PuNya VoC mIrIP BANget Suara Nya SaMa ChARlY, kBtUlAN vOC KAMI oRang melayu BeNgkalis

  9. billy Max_pku mengatakan:

    Bagi Yang PeNgEn Tau DeNgan KoPIAN st12 aLiAS ST 12 pEkANBArU, sEKALIAN dENGERin lagu ciptaan kami yang corak musiknya sama banget dengan st 12 Hub.0812 75800736

  10. wong fei hung mengatakan:

    @ billy max_pku

    silakan aj mo jadi seperti siapa, aq sih pengin jadi seperti diriku dw, jelas ori urusanx

  11. Nashirudin Baihaqi mengatakan:

    kenalan dulu…
    Saya haqi dari STM Perkapalan waktu itu.ambil jurusan TLK ( Teknologi Las kapal ).pada saat itu saya melihat semangat , hobi dan keinginan bermusik di STM sangat bagus.hampir setiap kelas ada band nya.sayang nya belum terkoordinir dengan baik.sehingga masih terkesan idelais untuk kelas masing2.maaf mas mas.. adik adik , itu pengalaman saya.alangkah baik nya jika di bentuk sebuah atau beberapa buah band sekolah dari beberapa personel yang mempunyai skill dan mental yang bagus untuk di satukan.
    Dulu , saya juga terlibat langsung main band.di kelas dengan nama MAMA band.namun tidak sebegitu fokus.karena saya sendiri hoby , saya mencoba melirik beberapa yang mempunyai semangat bermusik nya tinggi.akhirnya ketemulah dengan kakak kelas kita.dan terbentuklah group dengan nama “ONE-B “yang berarti ” One Basic “.semua jauh dari ortu,semua masih unthulan,semua semangat,dan semua orang tidak mampu.tapi kiprah kami lumayan bnyak.kita mencoba profesional dgn ikut beberapa festifal dgn berbagai tingkat.alhamdulillah membuahkan hasil dengan meraih beberapa predikat juara.dan beberapa kali menjadi bintang tamu di kampus2, tentunya dengan bayaran murah atau bahkan free .. heheheheh….
    dari pengalaman ini , saya menilai mungkin saat itu krn kita cekak modal sehingga gak ada peralatan untuk mengembangkan.harapan dari Band kami “OneB”, adalah majulah musik stm kita.majulah dan semangatlah , klo bisa smpe ke profesional.Hoby dan semangat kami masih sama seperti dulu.akan lebih bangga, klo stm ada band besar… amiinnnn…..

    Bravo Band Perkapalan /SMK..
    terus semangat jangan menyerah ….

  12. alex stm mengatakan:

    @ Nashirudin Baihaqi

    nah, ini dia.yg ditunggu-tunggu akhirnya tampil juga.
    mendingan nggebuk drum,nyentili snar gitar+bas, mencet-mencet key board sbg wujud apresiasi berkesenian. dari pada nonjoki wajah teman sendiri smpai bunyek seperti hari selasa 6 okt lalu.
    waduh qi ..baihaqi, itu semangat berantem adikmu kok ya disalurkan dg cara gak tepat gitu.kalo sbg laki-laki yg mau tunjukkan aktualisasi diri, tentu bukan hal luar biasa berurusan dg tonjok menonjok.tapi kalau dg semangat ngawur gitu ?…duhh.
    saya punya fikiran, gmn kalau selain ada exkul bela diri dsm, stm perkapalan melengkapi dg fasilitas boxing camp/sasana tinju ? sebab di tanding tinju pasti aturannya :satu lawan satu secara fair.tolong qi baihaqi kalau ketemu Ibu Wk Kesiswaan sampaikan usul ini.mungkin lewat usulmu lebih diperhatikan.
    oh… ya lap top nya gmn, sudah ada tindak lanjut?

    • Nashirudin Baihaqi mengatakan:

      Alex…

      Beberapa waktu lalu,aku mencoba untuk menyampaikan masalah seperti ini sebelum hari raya.
      intinya , jika ada yang bertanggung jawab Insya Allah bisa.dan usulku ,klo di Studio itu bayarnya mahal.mgkn siswa bisa urunan lewat band masing2.artinya ada pengelolanya ,dana kecil itu untuk perawatan alat band sekolah juga.contoh … pas gembrang gembreng,jack patah.itu kan butuh duit buat merawat.
      Metode ini jalan di masa aku jadi pengurus alat2 band sekolah.waktu itu dana per band cuma 1500.heheheh… sekarang mgkn 5000 an lah ..untuk perawatan.

      semoga usul2 ini bisa jadi masukan buat adik2 yang masih cinta musik , tapi mau brtanggung jawab dalam perawatan.bener kan ??

      kasih koment dong semua dulur2

    • Nashirudin Baihaqi mengatakan:

      BTW .. ini alex sopo yo ..
      maklum aku wis tuwek …
      klo sempat hub aku donk …83002866.
      trims semua…aku masih mencari kakak kelas atau adik kelas yang masih cinta bermusik neh….

  13. wong fei hung mengatakan:

    dear : Nashirudin Baihaqi & all

    woooh…lha crita asiik gini jangan disimpen sdri kak. klo emng dulu spt itu semangatnya, …mau dong, tuh semangat dilnjutkn.
    nanya kak : yg nyolong alat musik itu orang luar pagar, orang dalam pagar ato orang yg ngambil lalu nglempar kluar pagar ? timurnya stm kan tanah kosong yg lom di pagar wkt itu.

    • Nashirudin Baihaqi mengatakan:

      Dear Fei Hung and All,

      Sebagai Alumni, secara pribadi kita masih mau kok untuk bantu untuk atas nama sekolah.karena buat kami,sekolah ini masih the best buat kami.cara pendidikan disiplin dan keras baru terasa saat ini gunanya.tapi klo boleh usul,jangan sekeras yang kami alami dulu.tendang ,gebuk,tempeleng,jadi makanan sehari2.heheheh.. itu dulu bosss..

      kalo masalah yang nyolong sapa , aku nggak tahu.tapi saat itu gitar2 itu sangat di perlukan untuk keperluan latihan pentas seni.
      waktu itu , ada dana dari Osis / Sekolah untuk beli gitar nan murah.akhirnya aku naik angkot ke sby beli gitar Price warna Hitam dan gitar bekas.klo gak salah wktu itu harga totalnya sekitar 350.000 untuk 2 gitar ..hahahaha… tapi sangat berfunsi.gak tahu sekarang ada apa nggak ? ( gimana ada nggak )

      nah , aku dengar … akan ada reuni akbar dan ktnya mau ada band.aku mendukung sepenuh nya.aku pingin sekali kreatifitas adik2 ku yang pastinya jauh lebih OK dari kita2 yang sudah tua karena peralatan yang sekarang ada dan canggih lebih mudah di dapat dan murah.beda dengan kami saat itu.heheheh….

      kalau emang ada acara reuni, kami dari “OneB” mau mencoba exist deh .. dukung kami kalo bisa yach.yang jelas kami tidak seperti dulu.kami sudah 10 tahun tidak main2 musik berkelompok atau band.hanya main2 sendiri untuk hoby. Dukung kami yach ….semoga bagus aja .

      Harapan saya,di sekolah kebanggan kami ini , semoga masih ada adik2 yang bisa kami banggakan.
      Sukses selalau buat sekolah dan buat adik – adik kami..

      Salam dari kami “OneB” Band
      Ardian gitar.
      Hendro Drum.
      Pak Ching Vocal.
      Bembeng Bass
      Rizky Keyboard
      Haqi Gitar

  14. mbahsomo mengatakan:

    Iseh eleng ae masalah alat musik

  15. wong fei hung mengatakan:

    mbah…pripun pawartosipun ?

  16. Tjiptoadi N mengatakan:

    Untuk Baihaqi terimakasih atas saranmu dan seperti pada jamanmu sekarang pun band yang berlatih di studio harus bayar untuk perawatan dan semua yang mengelola adalah anak osis, kalau ada alumni yang mau membantu untuk jadi pelatih kami sangat harapkan tank u

  17. Nashirudin Baihaqi mengatakan:

    Pak Cipto , dan semua …
    Saya dengan senang hati untuk jadi pelatih walaupun kemampuan kami mungkin tidak sehebat anak-anak sekarang.
    mungkin lebih baik kalau di bilang berlatih bersama saja pak ya….
    tapi intinya saya mau dan sangat mau membantu demi kemajuan Sekolah tercinta saya, bukan hanya dalam bidang musik.begitu pak Cip nggih ???!!!….

    • smkn3buduran mengatakan:

      Terima kasih kalau ada waktu bisa mampir ke stmpal yaaa

      • Nashirudin Baihaqi mengatakan:

        heheheeh… aku sering mampir lho.beneran….
        minggu lalu , masih sempat foto2 di kelas Ex-TLK angkatan 4,ketika masih duduk di kelas II.sebelah Pojok selatan… tempat itu dulu pernah menang lomba kebersihan dan kerapian kelas lho .. heheheh

  18. wong fei hung mengatakan:

    @ baihaqi

    bermusik, ..bermusik,…bermusik,brarti school qt tambah asik.setuju pren teruskan niatmu klo mo nularkan ilmu bermusik.
    boxing camp e terus piye? wis diusulno po rung? sapa ngerti ada ‘Chris John, Elly Pical, Thomas Americo, Sapari,Nurhuda, Muhammad Abdur Rahman….dll’yang lahir dari sasana perkapalan sidoarjo?…..pelatih? soal dual sistem dg industri urusan PBM bisa, mosok mo nelorkan olahragawan bidang olah raga nggak bisa(dg pola dual sistem)?

  19. Nashirudin Baihaqi mengatakan:

    waduh , klo masalah bikin sasana tinju itu mungkin pihak sekolah , melalui organisasi resmi saja yang usul.hehehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: