Perjalanan Agung GRB angkatan IX

Satu lagi alumni siswa yang sekarang bekerja di Qatar Petroleum akan memberiakan penuturan kisah perjalanan hidup setelah agung lulus dari SMKN3 Buduran (STM Perkapalan) tahun 2001, dan atas nama SMKN3 Buduran kami sampaikan selamat dan sukses untuk agung mudah mudahan kisah perjalanan hidup Agung ini bisa menjadikan semangat untuk siswa SMKN3 Buduran

dan inilah kisahnyaagung

Kisah Balik Perjalananku

By: Agung Priyo sembodo

Diawali dengan memperkenalkan diriku, Nama Agung Priyo Sembodo terlahir pada tanggal 2 Maret

1981 di Pasuruan Jawa Timur. Saya alumni SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo pada tahun 2001, GRB angkatan IX. Saya aktif dalam pengurusan OSIS dan PDS pada waktu itu.

Bermodalkan juara 1 lomba gambar teknik seJawa Bali di UNESA Surabaya dan Nilai NEM Tertinggi, Saya mendapatkan program masuk jalur khusus melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik UNESA. Namun kesempatan itu Saya tolak dikarenakan tuntutan ekonomi keluargaku yang lebih membutuhkan Saya untuk bekerja. Saya anak yatim, bapak meninggal disaat Saya masih belajar di bangku kelas 2 STM, dan ibu harus bekerja di perusahaan roti di Pasuruan. Saya menyadari sepenuhnya pendidikan adalah modal hidup terpenting kita, oleh karena itu Saya bertekad akan melanjutkan dikemudian hari dengan biaya mandiri dari hasilku bekerja.

Alhamdulillah, Allah membantuku. Saya diterima di PT Mahakarya Nusabhakti di kompleks perumahan Sutorejo dekat ITS sebagai drafter. Disitu Saya mulai meniti karir masa depanku, walaupun digaji Rp.350.000 Saya tetap semangat bekerja. Banyak alumni ITS bekerja bersamaku, kami menjadi satu tim yang solid. Dan yang membuatku bangga adalah sebagai produk SMK 3 Buduran Sidoarjo kita bisa siap pakai dan mampu bersaing dengan mereka. Sambil bekerja Saya terus mengasah kemampuan dan menambah pengetahuanku.

Alhasil, 3 bulan berlalu Saya diterima di PT Matsushita Lighting Indonesia (Panasonic) PIER Pasuruan. Awalnya Saya melamar sebagai teknisi produksi, namun dengan kuasa ALLAH, Saya mendapatkan poin sempurna waktu seleksi masuk. Sehingga HR menawarkan jabatan apa yang aku mau dan langsung Saya jawab Designer. Akhirnya Saya dihadapkan dengan user dan ditest lagi dan Saya berhasil. Saya mendapatkan posisi sebagai designer di Divisi Design dan Development Glass. Lagi-lagi aku bersyukur dan bangga menjadi produk SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Tapi aku tidak berhenti disitu, aku masih terus belajar dan belajar hingga suatu saat ada informasi Total E&P Indonesia membuka kesempatan bagi seluruh generasi muda untuk dididik menjadi tenaga ahli di bidang perminyakan dalam Pre-employeement Program selama 18 bulan. Tanpa ragu lagi aku mencobanya, proses tesnya ternyata begitu sulit dan panjang. Jumlah pelamar kurang lebih 22,000 orang dan yang dibutuhkan hanya 70 orang. Mereka bukan hanya para lulusan SLTA tapi juga para pekerja aktif dan mahasiswa aktif. Tapi Saya terus maju dan tahap demi tahap kulewati hingga aku berhasil diterima.

Selama 18 bulan, kami semua digembleng secara intensif dan selektif. Kami belajar bahasa inggris dengan native speaker dari beberapa negara, basic science dari ITB, dan pengetahuan Oil&Gas di PUSDIKLAT MIGAS Cepu, dan dilanjutkan On The Job Training di semua lapangan minyak dan Gas milik Total E&P Indonesie di Balikpapan. Setiap minggu kami menghadapi evaluasi tes dengan minimal nilai tertentu pada setiap sessionnya. Setiap bulan dan per 3 bulan diadakan juga tes penyaringan. Sehingga ada beberapa teman yang gagal dan dipulangkan dipertengahan program. Betul-betul proses yang berat, tapi Alhamdulillah saya berhasil melewatinya, malah menjadi lulusan terbaik operator produksi oil and gas, dan lulusan terbaik maintenance listrik dipegang oleh Komarudin alumni Listrik Kapal angk 7 SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Sekali lagi kita membukukan bahwa sekolah kita tercinta adalah sekolah unggul.

Setelah setahun bekerja, saya memberanikan diri untuk melanjutkan pendidikan akademik di Universitas Muhammadiyah Malang belajar di Teknik Industri. Selama 2 minggu saya bekerja di Balikpapan dan 2 minggu kuliah di UMM. Awalnya saya berpikir ini tidak mungkin, namun dengan dukungan dari Istri dan keluarga besar akhirnya dapat saya lalui sampai sekarangpun saya masih kuliah. Malah mendapatkan IPK terbaik disetiap semesternya. Setelah genap 5 tahun di Total E&P Indonesia , saya mencoba untuk meningkatkan pengalaman saya dengan melamar ke perusahaan minyak lain. Perusahaan minyak kedua tempat saya bekerja adalah HESS (Indonesia Pangkah)ltd di Gresik. Perusahaan ini milik Amerika, dan ditempat ini saya memperoleh pengalaman baru.

Kemudian saya mencoba go abroad ke luar negeri, Saya diterima di Qatar Petroleum dan bekerja hingga saat ini. Qatar Petroleum merupakan Perusahaan Oil dan Gas dengan asset terbesar di dunia. Ini milik kerajaan Qatar. Di tempat ini saya mendapatkan tantangan-tantangan baru tapi sangat mengasyikkan. Saya bekerja dengan orang dari berbagai negara dengan berbeda cara pandang,budaya, sikap dan bahasa.

Kisah ini Saya buat atas anjuran dari Bpk Tjiptoadi Nugroho. Terimakasih kepada beliau karena sudah mengingatkan Saya untuk berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi adik-adik semua. Terimakasih pula untuk semua guru pengajar SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo yang telah menanamkan benih-benih keilmuan yang InsyALLAH tumbuh dan berkembang dalam diri Saya. Bagi adik-adik ayo terus belajar dan berjuang.

Wasalam,

Agung P Sembodo

37 Balasan ke Perjalanan Agung GRB angkatan IX

  1. mbahsomo mengatakan:

    Gung wah piye anake piro sak iki.
    oh yo piye band ne “ASAS” band sido di lanjutkan ngak iki😀

  2. Rudi Setiawan mengatakan:

    Assalamualaikum Mas Agung

    Salam Kenal, saya Rudi S (Ship Building II), kebetulan juga lagi kerja di Qatar, EPIC Company, sebagai Cost Control Engineer, sangat baik kirannya kalo kita bentuk wadah Alumni STM Perkapalan cabang Qatar, soalnya saya dengar ada beberapa rekan kita juga bekerja di Qatar, saya ini lagi berusaha untuk mencari data2 mereka, semoga nanti bisa terwujud sebagai wadah silaturrahim kita sesama alumni.

    Wasalam
    Rudi Setiawan

  3. Agung Sembodo mengatakan:

    Assalamualaikum,
    To: Mbah Somo
    Asli asmanipun jenengan sakmeniko sinten Mbah, aku mboten pirso. Bisa aja band ASAS ya dilanjutin klo pas kumpul lagi.
    Anak baru satu mbah? jenengan sendiri gmn? uda menikah atau belum?

  4. Agung Sembodo mengatakan:

    Assalamualaikum,
    To: Mas Rudi
    Alhamdulillah ternyata saya punya temen sesama alumni.Bisa aja mas kita bikin group alumni di Qatar.Bagus itu. Jenengan tinggal di qatar atau scheduled pulang ke indo? klo mau kontak saya ada di +974 6106523.Ntar kita ketemuan aja Mas.

    Asem
    Agung Sembodo

  5. mbahsomo mengatakan:

    Mas Agung kawulo Asmanipun : Sugik Puja Kusuma😀
    Walah Mas kulo dereng gadah Putra, tasih proses, do’akan semoga cepat dapat momongan

  6. gandring mengatakan:

    Pak Teguh S
    Salut aku terhadap kamu Gung, Lanjutkan

  7. wong fei hung mengatakan:

    dear gandring

    lho ini yg comment kok p teguh s ? itu yg di diklat PAL dulu itu ta ? ndring, lo emng dekt ta ma p teguh ?

  8. yoyok wahyu mengatakan:

    salut atas kebanggaannya pada STMN Perkapalan Sidoarjo

  9. gandring mengatakan:

    to : p teguh s

    “…..,lanjutkan” wahh pak macam iklan kampanye parpol aj. bikin kalimat yg ori gitu lho pak.kalimat aj pakai copy paste,…wk..wk..wk…wk

  10. masdhenk mengatakan:

    salutt!! Maju terus kawans
    sukses untuk STM Perkapalan Sidoarjo !!

    alumni GRBK 6

  11. mbahsomo mengatakan:

    udah ganti jadi SMKN 3 BUDURAN😀

  12. wong fei hung mengatakan:

    dear all

    klo akhir ini ada industri yg menyayangkan kemampuan penguasaan gambar tehnik yg menurun, pada adik2 alumni qt sebabnya apa ya?

  13. dadang mengatakan:

    wah selamat ya maz…jadi ikut bangga juga.q juga lulusan SMK n 3 BUDURAN (IPK G12)lam kenal ya.

  14. mrs.MMALA mengatakan:

    ass…agung

    congratulation…for everything u get

    I’ll always support u to prove that SMKN 3 BUDURAN Graduation must be better than others..
    Wish ALLAH Always be bless u and all families..

    • agung sembodo mengatakan:

      Walaikumsalam,
      My dear Mrs Mala.

      Thanks a lot for everything that have you shared to me, specially about great education and skill.
      Always wish me luck and keep in touch.

  15. mbah ndu... mengatakan:

    mas”qh yg sudah sukses..tlong doain qh ea, ben qh bsa ngejar mas k luar negeri…qh angkatan 19

  16. Doni mengatakan:

    Assalamualaikum,.,.,.,
    Setelah saya membaca tentang kisah Mas ku ni, Saya Salut & Bangga dengan apa yg telah diraih Oleh Mas ku ni,.,.,
    Saya harapkan meskipun demikian,tetap jangan lupa dengan apa yg telah mengantarkan Mas hingga bisa jadi sperti ni,,..,.,,,.
    Tolong Doakan semoga SMKN Perkapalan SDA dapat terus Melahirkan Generasi Bangsa yg Unggul,.,, Amin.,.,.

    M. Doni Al Ayyubi ( Angkatan 19 )/.,.,,
    Wassalam

  17. ruqan mengatakan:

    inspiratif bangetzzzz!!!!!!!

  18. aldyllah mengatakan:

    saya tetangga mas dlu wktu tggal d sangar

    sangat inspiratif dan membakar smangat nuda saya,,,
    matur nuwun mas

  19. bunda dea mengatakan:

    alhamdulillah,..melu bangga

  20. ipk-b ak V mengatakan:

    Salut
    Ayo para lulusan SMKN 3 yang lainnya atau yang masih duduk dibangku sekolah.
    Kamu bisa sukses sama seperti Agung, atau malah melebihinya karena usia dan kesempatamu lebih panjang.
    Masa depanmu ada ditanganmu. Berusaha dan berdoa’lah untuk itu.

  21. wong fei hung mengatakan:

    @ agung ps

    Gung, tu tmn2 senior PDS mo ada acara kumpul2 coba deh kontak ke Heri”komandan”Ikhlas.tx

  22. aldyllah mengatakan:

    mas agung,,,,,dapat salam dari ust. dayat (sangar)….ktax—> jamaah makin rame dan mushollah mesti di perbaiki,,,,mohon partisipasinya. makasih mas

  23. yupai mengatakan:

    keren bang, salut dah…..
    ni dari GRB15 n PDS7, harumkan juga indonesia

  24. anonimouse mengatakan:

    apaan nih.., situs sekolah kok pake blog free!!!
    buat sendiri…
    modal…

  25. paijo mengatakan:

    elek cok blog.mu !!
    DElTA MANIA ANJING LU!!!

  26. Jhoni Jhokotole niechh mengatakan:

    As Mr. Agung Priyo Sembodo’s subordinate, we are very proud to have him as our Production Superintendent.
    Hopefully our team will be solid forever.

    CCR Team FPU BW Joko Tole

  27. chykho mengatakan:

    mass nya jursn grb sya jga…

  28. elsa mengatakan:

    sya jga… jur grb mass wahhh salut q

  29. Abdul mengatakan:

    we proud of you mas..,🙂

  30. Edy S mengatakan:

    mantap mas agung… TLK II IX

  31. anggi prasojo mengatakan:

    bagus sekali mas Agung KKB 21

    bisa ditiruu,,..????

  32. sabaguja mengatakan:

    josss gandosss dah bang😀 GRBK21 ade’XIII

Tinggalkan Balasan

